Kamis, 28 Juni 2012

7 Cara Mempercepat Windows7 Tanpa Software


Shilack.blogspot.com

Berikut 7 cara untuk mempercepat windows7 Antara lain :

1.Kurangi program tidak penting pada StartUp


Windows akan secara berjalan secara otomatis membaca program pada StartUp saat komputer dinyalakan, padahal tidak semua program yang berjalan itu penting. Itu artinya komputer membutuhkan tenaga ekstra untuk membuka program-program tersebut, Efeknya jadi lama.
Craranya adalah :
Klik Start => Run => ketik "MsConfig" (Tanpa tanda petik) => OK => Startup, Kemudian hilangkan centang yang tidak penting, klik Apply => OK=> Dan restart komputer anda, lihat perbedaanya.

2. Defragment Harddisk secara berkala


Defragment Harddisk dilakukan untuk memperbaiki harddisk fragmented (fragmentasi). Laptop akan bekerja keras karena harddisk mencari file di lokasi yang terpisah-pisah. Ini disebabkan karena komputer sering instal & Uninstal program.

Caranya adalah :
Klik Start => All Program => Accessories => System Tools => Disk Defragmenter. Dan lakukan Defragment pada semua driver komputer anda.

3. Backup Font yang tidak digunakan


Font (Huruf) yang terinstall di komputer mencapai ribuan. Dan hanya beberapa persen yang sering kita gunakan. Kecuali kita sering menggunakan aplikasi design grafis, jika tidak maka font-font ini sangat jarang digunakan bahkan tidak pernah.
Caranya adalah :
Kilk Start => Control Panel => Appearance and Personalization => Fonts. Lalu buat folder baru untuk membackup font yang tidak terpakai kemudian pindahkan font yang tidak terpakai pada folder yang dibuat tadi.

4. NonAktifkan System Index Search


Proses Index oleh Windows 7 bekerja setiap waktu dan memakan sejumlah memori. Semakin banyak file di dalam komputer maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.
Caranya adalah :
Klik Start => pada kotak "Search" ketik Services.msc Kemudian tekan "Enter" cari Windows Search dan pilih Stop atau Disable.

5. Hapus Program yang tidak penting

Hapus Program yang tidak pernah anda pakai yang terinstall di komputer, karena program itu akan memakan resource agan, baik di harddisk maupun RAM, uninstall saja.
Caranya adalah :
Klik Start => Control Panel => Program => Program and Features => Klik kanan pada program yang akan dihapus => Uninstall.

6. Buang Data yang tidak penting

Data berbeda dengan program, Jangan lupa juga buang juga data-data yang berada pada kotak sampah atau recycle bin, temporary folder dan cache internet browser.

7. Periksa Virus pada Komputer kita

Lakukan Scan Virus minimal seminggu sekali. Karena Virus dapat menyebabkan komputer menjadi lambat kinerjanya, Virus biasanya dipanggil pada saat booting dan tinggal di memory. Ada beberapa virus sengaja memenuhi memory dan memperlambat kerja komputer. Dan jangan lupa Update data basenya. Bagi anda para pengguna internet Anti virus adalah wajib.

Bagaimana ada perbedaan tidak?
Demikian sobat semua, semoga bermanfaat, terima kasih.




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar